Dasar Dasar
Pemasaran
Market Share
PT.Ultrajaya
Milk Industry & Tranding Company
Wilayah
Pondok Timur Indah, Bekasi Timur
DEVITA
CAHYA PUSPITA
11214851
1EA41
UNIVERSITAS
GUNADARMA
JL.KH Noer
Ali, Kalimalang , Bekasi, Jawa Barat
Telp (021)
88860117
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan
terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan
dalam kemasan aseptic yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti
ULTRAMILK untuk produk susu, Buavita untuk jus segar dan teh kotak untuk
minuman teh segar. Saat
ini, 90 % dari keseluruhan hasil produksi perusahaan ini dipasarkan di seluruh
Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara si Asia, Eropa, Timur
Tengah, Australia dan Amerika Serikat.Industri makanan dan minuman di Indonesia
memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan
mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen
telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat
luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT.
Ultrajaya Milk Industry & Trading CompanyTbk berada pada posisi yang sangat
menguntungkan dengan kondisi tersebut. PT. Ultrajaya Milk Industry &
Trading Company Tbk mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari
strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang
diterima baik oleh konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan
sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar
yang ada, dan tekad bulat PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk
59 terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa PT. Ultrajaya Milk Industry
& Trading Company Tbk dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di
Indonesia di masa mendatang.
1.2 Sejarah Perusahaan
PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading
Company, Tbk (IDX:ULTJ
) merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman
yang bermarkas di Padalarang,
Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang,
Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang
didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas
pada tahun 1971.
Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di
Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia
Tenggara.
Pada awalnya perusahaan yg berawal dari
sebuah rumah di Jln. Tamblong Dalam, Bandung, ini hanya memproduksi susu. Namun
seiring perkembangannya, dia juga memproduksi juice dalam kemasan bermerek
Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari Kacang
Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever
Indonesia Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. bisa kembali ke bisnis
utamanya, yaitu produksi susu. Perusahaan yang didirikan oleh Ahmad
Prawirawidjaja ini, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di Bandung,
sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja, dan
siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.
PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading
Company,Tbk. Perusahaan yang memproduksi produk susu atau minuman yang diolah
dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi UHT (Ultra High Temperature) yang selanjutnya dikemas dalam kemasan
karton aseptik yang steril dan pengawasan mutu yang dilakukan sejak penerimaan
bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, sampai
pengiriman barang. Perusahaan tidak puas dengan hanya memproduksi produk-produk
minuman saja, untuk ituperusahaan melakukan kerjasama dengan Kraft General
Foods International Inc., USA, mendirikan perusahaan patungan (join venture) PT Kraft Ultrajaya
Indonesia pada tahun 1985 untuk memproduksi keju dan mentega (Butter). Selain itu perusahaan
memproduksi konsentrat sari buah (Fruit
Juice Concentration) pada tahun 1992, kemudian pada tahun 2000 perusahaan mengembangkan lagi
produk-produk susu yang sudah ada yaitu dengan memproduksi susu bubuk yang bernama
MORINAGA. Perusahaan dalam memjalankan usahanya membutuhkan kerjasama dengan
pihak-pihak lain untuk dapat mengembangkan lagi produk-produknya agar lebih
beragam dan diharapkan konsumen dapat menerima produk baru tersebut. Pada tahun
2003 perusahaan melakukan perjanjian kerjasama dengan AB Foods (Associated
British Foods & Beverages), Philipina, untuk memproduksi susu cair dan susu
kental manis dengan merek OVALTINE sebagai perwujudan dari tujuan perusahaan
yang ingin mengembangkan usahanya.
Visi PT.Ultrajaya
Menjadi
perusahaan industri makanan dan minuman yang
terbaik dan
terbesar di Indonesia, dengan senantiasa
mengutamakan
kepuasan konsumen, serta menjunjung tinggi
kepercayaan para
pemegang saham dan mitra kerja perusahaan
Misi
PT.Ultrajaya
Menjalankan
usaha dengan dilandasi kepekaan yang tinggi
untuk senantiasa
berorientasi kepada pasar/konsumen, dan
kepekaan serta
kepedulian untuk senantiasa memperhatikan
lingkungan, yang
dilakukan secara optimal agar dapat
memberikan nilai
tambah sebagai wujud pertanggung-jawaban kepada para pemegang saham
1.3 Alasan Memilih Produk Ultra Milk
Karena produk ultra milk sudah dikenal
dipasaran. Konsumen juga mudah mendapatkan produk ini. Ultra milk memiliki
banyak rasa yang disukai konsumen. Ukuran dari produk ini juga sangat beragam.
Harga produk terjangkau tidak terlalu mahal (ekonomis). Banyak gizi yang
terkandung dalam setiap sajiannya. Ultra milk juga sangat mudah di komsumsi
karena pengemasan nya ada dalam bentuk siap saji. Banyak warga indonesia yang
belum menyadari pentingnya meminum susu karena malas membuatnya yang begitu
repot tidak ada salahnya kita meminum produk ultramilk ini karena penyajiannya
mudah. Praktis dibawa kemana-mana. Diproduksi dengan teknologi canggih.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Keunggulan &
Kandungan Produk
PT.
Ultrajaya memproduksi susu-susu segar dan bergizi tinggi dalam berbagai bentuk
tampilan dan aneka rasa yang berbeda. Berikut produk-produk susu segar PT.
Ultra jaya:
Ultra
Milk Full Cream
Keunggulan
produk ini sangat cocok untuk diminum sehari-hari. Selain itu, biasa dijadikan
bahan baku untuk memasak serta membuat kue. Produk ini juga direkomendasikan
untuk diminum anak-anak diatas satu tahun. Ultra Milk Full cream mengandung
berbagai kebaikan protein, vitamin dan mineral. Tersedia dalam bentuk susu
segar maupun yang sudah dikemas dan memiliki umur penyimpanan lebih lama.
Pastikan selalu mendapat manfaat baik susu dengan mengkonsumsi Ultra Milk Full
Cream. Tersedia dalam 3 ukuran : 1000 ml, 250 ml, dan200ml
Ultra
Milk Low Fat Hi-Calcium
Keunggulan
produk ini juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini cocok baik untuk dewasa
maupun dewasa awal, khususnya yang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka.
Kalsium susu yang terkandung didalamnya, berasal dari susu segar alami kami,
lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan produk lainnya. Ayo mulailah
berinvestasi kesehatan bagi tubuh anda, dengan mengkonsumsi susu Ultra Low Fat
High Calcium.
Karena selain
kalsium susu, produk ini juga mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh.
Departemen Pertanian U.S ( USDA ) menyebutkan "9 nutrisi penting bagi
tubuh ini" adalah makanan baik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya
secara baik. Nutrisi ini terkandung dalam susu cair segar, dimana tubuh tidak
memproduksi sebanyak kebutuhan sehari-harinya. Tersedia dalam 4 kemasan karton
: 1000ml, 250 ml, 200 ml, dan 125 ml Juga tersedia dalam 2 rasa : Plain dan
coklat.
Ultra
Milk Varian Rasa
Produk ini cocok
untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga diminum sehabis beraktivitas atau
berolahraga untuk memenuhi kembali cairan tubuh dan membantu pembentukan tubuh.
Produk ini baik untuk diminum anak-anak berumur 1 tahun ke atas, apalagi
ditambah varian rasa dari bahan alami yang mengandung banyak nutrisi alami yang
dibutuhkan tubuh, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Tak ketinggalan,
Ultra Milk Rasa ini juga mengandung karbohidrat dan protein untuk membantu
pembentukan ototmu dan membuatmu lebih bersemangat. Tersedia dalam 4 ukuran
kemasan dan 3 rasa : Coklat : 1000ml, 250ml, 200ml, 125ml, Strawberry : 250ml,
200ml, 125ml, Mocca : 250ml, 200ml
Ultra
Mimi
Keungulan produk
ini cocok diminum sehari-hari,
terutama bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Produk ini sangat baik
bagi anak-anak umur 2 tahun keatas.
Tersedia dalam 4
rasa : Full Cream, Coklat, Strawberry, dan Vanila dalam ukuran 125 ml.
Susu
Sehat
Keungulan produk
susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung
kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai
mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat,
terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti
bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu
lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan
dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok
untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.
Tersedia dalam 3 rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Faktor Yang Mempengaruhi
Faktor yang
mempengaruhi market share Ultra Milk adalah:
1. Lokasi Pemasaran
Lokasi pemasaran
produk yang sulit dijangkau konsumen, akan sulit menggapaimarket share yang
tinggi. Sedangkan semakin mudah dijangkau (perkotaan, lingkungan kampus,
perumahan) mempermudah pemasaran produk
Ultra Milk.
2. Selera Konsumen
2. Selera Konsumen
Selera konsumen
yang berbeda beda, juga mempengaruhi market sharenya. Perusahaan harus selalu
kreatif dan peka terhadap selera konsumen.
3. Pengiriman Produk
3. Pengiriman Produk
Ketika
pengiriman produk ke lokasi pemasaran, seringkali terjadi kerusakan pada
kemasan produk. Ketika dipasarkan pun terkadang kemasan yang sudah rusak masih
ditampilkan. Perusahaan pun harus memperhatikan hal ini, karena faktor ini juga
mempengaruhi dalam pencapaian market share Ultra Milk.
4. Produk lain
4. Produk lain
Diera modern
sekarang persaingan perusahaan dalam menciptakan produk-produk sudah semakin
berkembang. Sehingga produk Ultra Milk harus selalu bersaing dengan produk lain
dengan selalu memberikan tampilan yang terbaik, dan kualitas yang baik pula.
5. Pengaruh Luar
5. Pengaruh Luar
Yang dimaksud
dengan pengaruh luar adalah peletakan produk yang salah. Seperti terkena sinar
matahari terlalu lama, masuknya bakteri dari udara, benturan ketika pengiriman
sehingga mengakibatkan kerusakan pada kualitas produk
3.2 Faktor Yang
Mendukung
Faktor pendukung dalam market share Ultra Milk adalah:
1. Harga yang ekonomis
Dengan harga
yang ekonomis atau murah, Ultra Milk mudah dijangkau oleh konsumen
berpenghasilan rendah sampai berpenghasilan tinggi.
2. Aneka Rasa
2. Aneka Rasa
Ultra Milk yang
diproduksi oleh PT. Ultrajaya ini disajikan dengan berbagai rasa, sesuai dengan
selera konsumen.
3. Mudah Dibawa
3. Mudah Dibawa
Produk Ultra
Milk yang dikemas dalam berbagai ukuran, dari yang otak kecil, sedang, hingga
besar, memudahkan konsumen untuk membawanya.
4. Penyajian Kemasan
4. Penyajian Kemasan
Pengemasan Ultra
Milk dengan perpaduan warna, tulisan dan juga gambar yang unik, cukup mampu
mengalihkan perhatian konsumen dari produk lain. Sehingga Ultra Milk mudah
diingat oleh konsumen.
3.3 Faktor Yang Menghambat
Faktor yang
menghambat market share produk Ultra Milk adalah:
1. Selera Konsumen
Seperti yang
disebutkan pada faktor yang mempengaruhi, selera konsumen juga menjadi
penghambat dalam pemasaran produk Ultra Milk.
2. Produk Lain
2. Produk Lain
Adanya produk
lain juga menjadi penghambat dalam pemasaran. Banyaknya produk susu menghambat
pencapaian market share Ultra Milk.
3. Kualitas Rasa
3. Kualitas Rasa
Konsumen
terkadang mengeluh kualitas rasa dari Ultra Milk. Konsumen mengeluh adanya rasa
asam dan sedikit lengket pada Ultra Milk.
3.3 Produksi
Dengan tajamnya persaingan maka setiap perusahaan akan
memikirkan banyak strategi untuk memasarkan produknya. Terkadang perusahaan
masih kewalahan menghadapi perrmintaan pasar atau hasil produksi terbatas
sehingga pendistribusian terganggu , pasti suatu perusahaan pernah mengalami
hal tersebut. Sekarang mari kita bandingkan mengenai market share pada
perusahaan PT.Ultrajaya dengan PT.Frisian Flag Indonesia :
PT. Frisian Flag Indonesia Pada tahun 1968
didirikan melalui kemitraan antara Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan
sebuah perusahaan lokal. Pada tahun 1969 pabrik Pasar Rebo mulai dibangun dan
pada awal 1971, pabrik tersebut mulai memproduksi Susu Kental Manis untuk
dipasarkan ke seluruh penjuru tanah air. Pada tahun 1977. Setelah produk susu
kental manis, PT Friesche Vlag Indonesia mulai memproduksi susu bubuk pada
tahun 1979, susu pertumbuhan yang pertama di Indonesia pada 1988, dan susu UHT
siap saji pada 1991. Pada tahun 2002, perusahaan ini kemudian berganti nama
menjadi PT Frisian Flag Indonesia. Dan pada tahun 2010, Frisian Flag melakukan
pembaharuan identitas atau logo produknya. Tahun 2012 menjadi salah satu momen
penting bagi Frisian Flag karena menandai 90 tahun keberadaannya, sebagai
bagian penting tak terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia. Dan hingga
kini, PT Frisian Flag Indonesia masih terus melanjutkan komitmennya untuk
membantu memperbaiki status gizi bangsa Indonesia melalui produk-produk
inovatifnya
Tetapi yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai
perbandingan penjualan susu UHT PT.Ultrajaya dan PT.
Frisian Flag Indonesia saya memilih
untuk membandingkan kedua produk tersebut adalah kedua produk ini memiliki
jenis yang sama yaitu sama-sama susu UHT Untuk lebih jelasnya berikut ini di
sajikan data penjualan susu UHT Ultramilk dan UHT Frisian Flag pada tahun 2013-2014 di daerah Bekasi Timur :
Data
penjualan tahun 2013 susu UHT Data penjualan tahun 2014 susu UHT
Ultramilk
Ultramilk
Bulan
|
Jumlah Pembelian
|
|
Bulan
|
Jumlah pembelian
|
Januari
|
137
|
Januari
|
153
|
|
Februari
|
150
|
Februari
|
178
|
|
Maret
|
172
|
Maret
|
126
|
|
April
|
129
|
April
|
198
|
|
Mei
|
193
|
Mei
|
209
|
|
Juni
|
213
|
Juni
|
217
|
|
Juli
|
146
|
Juli
|
186
|
|
Agustus
|
97
|
Agustus
|
268
|
|
September
|
139
|
September
|
232
|
|
Oktober
|
164
|
Oktober
|
275
|
|
November
|
205
|
Jumlah
|
2042
|
|
Desember
|
218
|
|||
Jumlah
|
1963
|
Data penjualan tahun 2013 susu UHT
Data penjualan tahun 2014 susu UHT
Frisian Flag
Frisian Flag
Bulan
|
Jumlah Pembelian
|
|
Bulan
|
Jumlah pembelian
|
Januari
|
102
|
Januari
|
117
|
|
Februari
|
127
|
Februari
|
128
|
|
Maret
|
122
|
Maret
|
170
|
|
April
|
136
|
April
|
146
|
|
Mei
|
114
|
Mei
|
178
|
|
Juni
|
110
|
Juni
|
111
|
|
Juli
|
154
|
Juli
|
204
|
|
Agustus
|
134
|
Agustus
|
160
|
|
September
|
161
|
September
|
198
|
|
Oktober
|
176
|
Oktober
|
210
|
|
November
|
197
|
Jumlah
|
1622
|
|
Desember
|
92
|
|||
Jumlah
|
1625
|
Jika kita mengamati data diatas maka
dapat disimpulkan bahwa untuk hasil penjualan dari produksi susu Ultrajaya dari
tahun 2013 sampai 2014 mengalami peningkatan. Dengan data ini terbukti bahwa
Ultramilk lebih diminati para konsumen di bandingkan dengan Frisianflag. mungkin
dari citarasa juga mempengaruhi daya beli konsumen. Merk dari suatu produk juga
mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Perbandingan dari kedua
produk tersebut dapat dilihat pada tabel diatas. Kenaikan dan penurunan
penjualan mungkin dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu oleh
tingginya persaingan antara perusahaan perusahaan susu lainnya.
kak, kenalkan aku victo.. sekarang aku lagi susun thesis yang berhubungan dg penjualan susu ultra, frisian flag. boleh tau ga kak, wkt kk susun ini, bgmn cara mendapatkan data penjualan frisian flag, ultra? aku butuh data penjualannya yg th 2015-2016 kak. mohon dibantu, terimakasih
BalasHapuscoba saja kontak ac nielsen indonesia. tapi berbayar sih. tidak tahu kalau untuk tesis siapa tahu gratis.
BalasHapus