Jumat, 19 Desember 2014

Market Share




Dasar Dasar Pemasaran
Market Share
PT.Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company
Wilayah Pondok Timur Indah, Bekasi Timur



DEVITA CAHYA PUSPITA
11214851
1EA41

UNIVERSITAS GUNADARMA
JL.KH Noer Ali, Kalimalang , Bekasi, Jawa Barat
Telp (021) 88860117
 



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
PT. Ultrajaya saat ini merupakan perusahaan pertama dan terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk-produk susu, minuman dan makanan dalam kemasan aseptic yang tahan lama dengan merek-merek terkenal seperti ULTRAMILK untuk produk susu, Buavita untuk jus segar dan teh kotak untuk minuman teh segar. Saat ini, 90 % dari keseluruhan hasil produksi perusahaan ini dipasarkan di seluruh Indonesia, sementara sisanya diekspor ke negara-negara si Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia dan Amerika Serikat.Industri makanan dan minuman di Indonesia memiliki harapan yang sangat positif. Negara ini memiliki populasi besar dan mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Meningkatnya daya beli konsumen telah membuat produk-produk makanan menjadi lebih terjangkau oleh masyarakat luas. Sebagai perusahaan makanan dan minuman yang terkemuka di Indonesia, PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading CompanyTbk berada pada posisi yang sangat menguntungkan dengan kondisi tersebut. PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk mengalami kesuksesan terus menerus sebagai hasil dari strategi yang dilakukan agar dapat tumbuh terus dan keragaman produknya yang diterima baik oleh konsumen Indonesia. Dengan keunggulan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar, peluncuran produk-produk baru untuk mengisi celah pasar yang ada, dan tekad bulat PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk 59 terhadap kualitas terbaik, akan memastikan bahwa PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk dapat meraih pangsa pasar yang lebih besar di Indonesia di masa mendatang.


1.2  Sejarah Perusahaan

      PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk (IDX:ULTJ ) merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi minuman yang bermarkas di Padalarang, Kab. Bandung, Indonesia. Beralamat di Jln. Raya Cimareme 131, Padalarang, Kab. Bandung. Perusahaan ini awalnya merupakan industri rumah tangga yang didirikan pada tahun 1958, kemudian menjadi suatu entitas perseroan terbatas pada tahun 1971. Perusahaan ini merupakan pioner di bidang industri minuman dalam kemasan di Indonesia, dan sekarang memiliki mesin pemroses minuman tercanggih se-Asia Tenggara.
      Pada awalnya perusahaan yg berawal dari sebuah rumah di Jln. Tamblong Dalam, Bandung, ini hanya memproduksi susu. Namun seiring perkembangannya, dia juga memproduksi juice dalam kemasan bermerek Buavita dan Gogo serta memproduksi Teh Kotak, Sari Asem Asli dan Sari Kacang Ijo. Sejak tahun 2008 merek Buavita dan Gogo dibeli oleh PT. Unilever Indonesia Tbk. sehingga PT. Ultrajaya Milk Industry Tbk. bisa kembali ke bisnis utamanya, yaitu produksi susu. Perusahaan yang didirikan oleh Ahmad Prawirawidjaja ini, seorang pengusaha Tionghoa yg sudah bermukim di Bandung, sekarang dikomandani oleh generasi kedua, yaitu Sabana Prawirawidjaja, dan siap-siap diteruskan kepada generasi ketiga, Samudera Prawirawidjaja.
     PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Company,Tbk. Perusahaan yang memproduksi produk susu atau minuman yang diolah dengan metode sterilisasi berteknologi tinggi UHT (Ultra High Temperature) yang selanjutnya dikemas dalam kemasan karton aseptik yang steril dan pengawasan mutu yang dilakukan sejak penerimaan bahan baku, selama proses produksi, selama penyimpanan di gudang, sampai pengiriman barang. Perusahaan tidak puas dengan hanya memproduksi produk-produk minuman saja, untuk ituperusahaan melakukan kerjasama dengan Kraft General Foods International Inc., USA, mendirikan perusahaan patungan (join venture) PT Kraft Ultrajaya Indonesia pada tahun 1985 untuk memproduksi keju dan mentega (Butter). Selain itu perusahaan memproduksi konsentrat sari buah (Fruit Juice Concentration) pada tahun 1992, kemudian pada tahun  2000 perusahaan mengembangkan lagi produk-produk susu yang sudah ada yaitu dengan memproduksi susu bubuk yang bernama MORINAGA. Perusahaan dalam memjalankan usahanya membutuhkan kerjasama dengan pihak-pihak lain untuk dapat mengembangkan lagi produk-produknya agar lebih beragam dan diharapkan konsumen dapat menerima produk baru tersebut. Pada tahun 2003 perusahaan melakukan perjanjian kerjasama dengan AB Foods (Associated British Foods & Beverages), Philipina, untuk memproduksi susu cair dan susu kental manis dengan merek OVALTINE sebagai perwujudan dari tujuan perusahaan yang ingin mengembangkan usahanya.
Visi PT.Ultrajaya
Menjadi perusahaan industri makanan dan minuman yang
terbaik dan terbesar di Indonesia, dengan senantiasa
mengutamakan kepuasan konsumen, serta menjunjung tinggi
kepercayaan para pemegang saham dan mitra kerja perusahaan
Misi PT.Ultrajaya
Menjalankan usaha dengan dilandasi kepekaan yang tinggi
untuk senantiasa berorientasi kepada pasar/konsumen, dan
kepekaan serta kepedulian untuk senantiasa memperhatikan
lingkungan, yang dilakukan secara optimal agar dapat
memberikan nilai tambah sebagai wujud pertanggung-jawaban kepada para pemegang saham

1.3  Alasan Memilih Produk Ultra Milk


      Karena produk ultra milk sudah dikenal dipasaran. Konsumen juga mudah mendapatkan produk ini. Ultra milk memiliki banyak rasa yang disukai konsumen. Ukuran dari produk ini juga sangat beragam. Harga produk terjangkau tidak terlalu mahal (ekonomis). Banyak gizi yang terkandung dalam setiap sajiannya. Ultra milk juga sangat mudah di komsumsi karena pengemasan nya ada dalam bentuk siap saji. Banyak warga indonesia yang belum menyadari pentingnya meminum susu karena malas membuatnya yang begitu repot tidak ada salahnya kita meminum produk ultramilk ini karena penyajiannya mudah. Praktis dibawa kemana-mana. Diproduksi dengan teknologi canggih.
    



BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Keunggulan & Kandungan Produk


     PT. Ultrajaya memproduksi susu-susu segar dan bergizi tinggi dalam berbagai bentuk tampilan dan aneka rasa yang berbeda. Berikut produk-produk susu segar PT. Ultra jaya:

Ultra Milk Full Cream
Keunggulan produk ini sangat cocok untuk diminum sehari-hari. Selain itu, biasa dijadikan bahan baku untuk memasak serta membuat kue. Produk ini juga direkomendasikan untuk diminum anak-anak diatas satu tahun. Ultra Milk Full cream mengandung berbagai kebaikan protein, vitamin dan mineral. Tersedia dalam bentuk susu segar maupun yang sudah dikemas dan memiliki umur penyimpanan lebih lama. Pastikan selalu mendapat manfaat baik susu dengan mengkonsumsi Ultra Milk Full Cream. Tersedia dalam 3 ukuran : 1000 ml, 250 ml, dan200ml

Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium
Keunggulan produk ini juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ini cocok baik untuk dewasa maupun dewasa awal, khususnya yang memikirkan kesehatan jangka panjang mereka. Kalsium susu yang terkandung didalamnya, berasal dari susu segar alami kami, lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan produk lainnya. Ayo mulailah berinvestasi kesehatan bagi tubuh anda, dengan mengkonsumsi susu Ultra Low Fat High Calcium.      
Karena selain kalsium susu, produk ini juga mengandung 9 nutrisi penting bagi tubuh. Departemen Pertanian U.S ( USDA ) menyebutkan "9 nutrisi penting bagi tubuh ini" adalah makanan baik bagi tubuh untuk menjalankan fungsinya secara baik. Nutrisi ini terkandung dalam susu cair segar, dimana tubuh tidak memproduksi sebanyak kebutuhan sehari-harinya. Tersedia dalam 4 kemasan karton : 1000ml, 250 ml, 200 ml, dan 125 ml Juga tersedia dalam 2 rasa : Plain dan coklat.

Ultra Milk Varian Rasa
Produk ini cocok untuk dikonsumsi sehari-hari dan juga diminum sehabis beraktivitas atau berolahraga untuk memenuhi kembali cairan tubuh dan membantu pembentukan tubuh. Produk ini baik untuk diminum anak-anak berumur 1 tahun ke atas, apalagi ditambah varian rasa dari bahan alami yang mengandung banyak nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.
Tak ketinggalan, Ultra Milk Rasa ini juga mengandung karbohidrat dan protein untuk membantu pembentukan ototmu dan membuatmu lebih bersemangat. Tersedia dalam 4 ukuran kemasan dan 3 rasa : Coklat : 1000ml, 250ml, 200ml, 125ml, Strawberry : 250ml, 200ml, 125ml, Mocca : 250ml, 200ml
                 
Ultra Mimi
Keungulan produk      ini cocok diminum sehari-hari, terutama bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan. Produk ini sangat baik bagi anak-anak umur 2 tahun keatas.
Tersedia dalam 4 rasa : Full Cream, Coklat, Strawberry, dan Vanila dalam ukuran 125 ml.

Susu Sehat
Keungulan produk susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tersedia dalam 3 rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry

BAB III
PEMBAHASAN




3.1 Faktor Yang Mempengaruhi

Faktor yang mempengaruhi market share Ultra Milk adalah:

1. Lokasi Pemasaran
Lokasi pemasaran produk yang sulit dijangkau konsumen, akan sulit menggapaimarket share yang tinggi. Sedangkan semakin mudah dijangkau (perkotaan, lingkungan kampus, perumahan) mempermudah pemasaran  produk Ultra Milk.
2. Selera Konsumen
Selera konsumen yang berbeda beda, juga mempengaruhi market sharenya. Perusahaan harus selalu kreatif dan peka terhadap selera konsumen.
3. Pengiriman Produk
Ketika pengiriman produk ke lokasi pemasaran, seringkali terjadi kerusakan pada kemasan produk. Ketika dipasarkan pun terkadang kemasan yang sudah rusak masih ditampilkan. Perusahaan pun harus memperhatikan hal ini, karena faktor ini juga mempengaruhi dalam pencapaian market share Ultra Milk.
4. Produk lain
Diera modern sekarang persaingan perusahaan dalam menciptakan produk-produk sudah semakin berkembang. Sehingga produk Ultra Milk harus selalu bersaing dengan produk lain dengan selalu memberikan tampilan yang terbaik, dan kualitas yang baik pula.
5. Pengaruh Luar
Yang dimaksud dengan pengaruh luar adalah peletakan produk yang salah. Seperti terkena sinar matahari terlalu lama, masuknya bakteri dari udara, benturan ketika pengiriman sehingga mengakibatkan kerusakan pada kualitas produk

3.2 Faktor Yang Mendukung

Faktor pendukung dalam market share Ultra Milk adalah:

1. Harga yang ekonomis
Dengan harga yang ekonomis atau murah, Ultra Milk mudah dijangkau oleh konsumen berpenghasilan rendah sampai berpenghasilan tinggi.
2. Aneka Rasa
Ultra Milk yang diproduksi oleh PT. Ultrajaya ini disajikan dengan berbagai rasa, sesuai dengan selera konsumen.
3. Mudah Dibawa
Produk Ultra Milk yang dikemas dalam berbagai ukuran, dari yang otak kecil, sedang, hingga besar, memudahkan konsumen untuk membawanya.
4. Penyajian Kemasan
Pengemasan Ultra Milk dengan perpaduan warna, tulisan dan juga gambar yang unik, cukup mampu mengalihkan perhatian konsumen dari produk lain. Sehingga Ultra Milk mudah diingat oleh konsumen.

3.3 Faktor  Yang Menghambat

Faktor yang menghambat market share produk Ultra Milk adalah:

1. Selera Konsumen
Seperti yang disebutkan pada faktor yang mempengaruhi, selera konsumen juga menjadi penghambat dalam pemasaran produk Ultra Milk.
2. Produk Lain
Adanya produk lain juga menjadi penghambat dalam pemasaran. Banyaknya produk susu menghambat pencapaian market share Ultra Milk.
3. Kualitas Rasa
Konsumen terkadang mengeluh kualitas rasa dari Ultra Milk. Konsumen mengeluh adanya rasa asam dan sedikit lengket pada Ultra Milk.



3.3 Produksi

     Dengan tajamnya persaingan maka setiap perusahaan akan memikirkan banyak strategi untuk memasarkan produknya. Terkadang perusahaan masih kewalahan menghadapi perrmintaan pasar atau hasil produksi terbatas sehingga pendistribusian terganggu , pasti suatu perusahaan pernah mengalami hal tersebut. Sekarang mari kita bandingkan mengenai market share pada perusahaan PT.Ultrajaya dengan PT.Frisian Flag Indonesia :
     PT. Frisian Flag Indonesia Pada tahun 1968 didirikan melalui kemitraan antara Cooperatieve Condensfabriek Friesland dan sebuah perusahaan lokal. Pada tahun 1969 pabrik Pasar Rebo mulai dibangun dan pada awal 1971, pabrik tersebut mulai memproduksi Susu Kental Manis untuk dipasarkan ke seluruh penjuru tanah air. Pada tahun 1977. Setelah produk susu kental manis, PT Friesche Vlag Indonesia mulai memproduksi susu bubuk pada tahun 1979, susu pertumbuhan yang pertama di Indonesia pada 1988, dan susu UHT siap saji pada 1991. Pada tahun 2002, perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi PT Frisian Flag Indonesia. Dan pada tahun 2010, Frisian Flag melakukan pembaharuan identitas atau logo produknya. Tahun 2012 menjadi salah satu momen penting bagi Frisian Flag karena menandai 90 tahun keberadaannya, sebagai bagian penting tak terpisahkan dari kehidupan keluarga Indonesia. Dan hingga kini, PT Frisian Flag Indonesia masih terus melanjutkan komitmennya untuk membantu memperbaiki status gizi bangsa Indonesia melalui produk-produk inovatifnya
      Tetapi yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai perbandingan penjualan susu UHT PT.Ultrajaya dan PT. Frisian Flag Indonesia saya memilih untuk membandingkan kedua produk tersebut adalah kedua produk ini memiliki jenis yang sama yaitu sama-sama susu UHT Untuk lebih jelasnya berikut ini di sajikan data penjualan susu UHT Ultramilk dan UHT  Frisian Flag pada tahun 2013-2014  di daerah Bekasi Timur :









Data penjualan tahun 2013 susu UHT                             Data penjualan tahun 2014 susu UHT
                    Ultramilk                                                                        Ultramilk

Bulan
Jumlah Pembelian

Bulan
Jumlah pembelian
Januari
137
Januari
153
Februari
150
Februari
178
Maret
172
Maret
126
April
129
April
198
Mei
193
Mei
209
Juni
213
Juni
217
Juli
146
Juli
186
Agustus
97
Agustus
268
September
139
September
232
Oktober
164
Oktober
275
November
205
Jumlah
2042
Desember
218

Jumlah
1963

                 




Data penjualan tahun 2013 susu UHT                                               Data penjualan tahun 2014 susu UHT
                Frisian Flag                                                                                Frisian Flag

Bulan
Jumlah Pembelian

Bulan
Jumlah pembelian
Januari
102
Januari
117
Februari
127
Februari
128
Maret
122
Maret
170
April
136
April
146
Mei
114
Mei
178
Juni
110
Juni
111
Juli
154
Juli
204
Agustus
134
Agustus
160
September
161
September
198
Oktober
176
Oktober
210
November
197
Jumlah
1622
Desember
92

Jumlah
1625




  
Jika kita mengamati data diatas maka dapat disimpulkan bahwa untuk hasil penjualan dari produksi susu Ultrajaya dari tahun 2013 sampai 2014 mengalami peningkatan. Dengan data ini terbukti bahwa Ultramilk lebih diminati para konsumen di bandingkan dengan Frisianflag. mungkin dari citarasa juga mempengaruhi daya beli konsumen. Merk dari suatu produk juga mempengaruhi konsumen untuk membeli produk tersebut. Perbandingan dari kedua produk tersebut dapat dilihat pada tabel diatas. Kenaikan dan penurunan penjualan mungkin dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu oleh tingginya persaingan antara perusahaan perusahaan susu lainnya.

2 komentar:

  1. kak, kenalkan aku victo.. sekarang aku lagi susun thesis yang berhubungan dg penjualan susu ultra, frisian flag. boleh tau ga kak, wkt kk susun ini, bgmn cara mendapatkan data penjualan frisian flag, ultra? aku butuh data penjualannya yg th 2015-2016 kak. mohon dibantu, terimakasih

    BalasHapus
  2. coba saja kontak ac nielsen indonesia. tapi berbayar sih. tidak tahu kalau untuk tesis siapa tahu gratis.

    BalasHapus